GUYiTUd9GSO5TpO7TfY7BSM7TA==

Reuni by Ismu vespa

Reuni berasal dari dua kata. Yaitu re = kembali dan uni = bersatu. Jadi reuni berarti bersatu kembali atau bertemu kembali. Ya, bertemu kembali bagi teman lama setelah sekian waktu tidak bertemu.
Pertemuan kembali dari teman – teman lama baik dari satu atau dua orang maupun dari sekelompok rekan-rekan dalam satu grup kebersamaan sebelumnya adalah reuni yang penuh kesan dan mengasyikkan.
Bagi teman lama yang sebelumnya berinteraksi dan pernah akrab, bertemu kembali dan mengulang nostalgia adalah sebuah keasyikan. Rasanya sangat membahagiakan kembali bertemu setelah sekian lama tidak bersua. Apalagi bertemu kembali setelah sekian puluh tahun saling tidak tahu kabar. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin reuni setelah berpuluh tahun berpisah.
Pertemuan kembali dimasa tua, setelah masing-masing punya keluarga juga menyimpan banyak cerita dan kesan. Terlebih lagi bila masing-masing terpisah dikota yang jauh. Perasaan saat bertemu adalah hal yang sulit untuk digambarkan. Rasa bahagia, senang, haru, gembira bercampur menjadi satu. Lantas ingatan ke masa lalu saat masih beraktifitas bersama kembali terbayang. Masing-masing punya cerita yang berbeda. Masing-masing punya kisah sendiri. Baik kisah senang, sedih, haru, pahit, dan juga kisah yang memalukan untuk diingat kembali. Semua ingatan dan perasaan itu tertuang dan bercampur menjadi satu saat ada kesempatan reuni.
Untuk terlaksananya sebuah reuni memerlukan relawan dari beberapa orang dalam kelompok untuk menjadi panitia reuni. Biasanya sekelompok rekan yang hobi bergaul dan berada di kota asal tempat mereka pernah berinteraksi yang akan menjadi panitia reuni. Diawali dari pertemuan beberapa rekan, dilanjutkan makan dan jalan bersama, biasanya akan tercipta keinginan untuk mengadakan reuni. Dari beberapa rekan inilah biasanya terbentuk panitia. Panitia yang terbentuk inilah yang akan menjadi volunteer untuk terwujudnya sebuah reuni. Tidak lama kemudian setelah terkumpul dana -yang biasanya urunan bersama, khususnya yang besar dari alumni yang telah sukses- maka acara reuni pun bisa diwujudkan.
Seperti sekolah SMP penulis, yang dulu bersekolah di SMPN 3 Medan. Sekarang alumninya yang tinggal di Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Lampung selalu mengadakan acara reuni. Biasa setahun 2 kali. Bulan Mei sambil halal bihalal. Dan bulan Desember sambil bertahun baru. Sudah beberapa tahun ini kami reuni di Jawa Barat. Acara ini secara rutin terus terlaksana. Dan hebatnya seluruh alumni tinggal datang aja, tidak dibebankan biaya. Karena ada alumni yang sukses tinggal di kota Bandung yang berdonasi menanggung semua biaya reuni tersebut. Alhamdulillah beberapa tahun ini acara reuni selalu terlaksana, Kesan positif dan jiwa persaudaraan terpupuk antar alumni.
Bentuk Reuni
Acara reuni sebetulnya bukan hanya kumpul membuat acara. Aktifitas bersama, lomba, nyanyi, makan bersama. Setelah itu membuat dokumentasi lalu pisah dan berkomitmen untuk reuni selanjutnya. Lebih dari itu, kegiatan reuni bisa dilaksanakan dalam bentuk aktifitas bersama. Misalnya membuat usaha bersama dengan sistem koperasi. Masing-masing ikut menanam modal, lalu menunjuk manager usaha yang berasal dari alumni hingga usaha memberikan hasil yang cukup untuk menjadi profit bersama.
Jadi bentuk reuni dengan format usaha bersama bisa menjadi alternatif. Untuk dijadikan salah satu bentuk kegiatan reuni. Disamping secara tradisional bahwa reuni adalah kegiatan kumpul bersama dan membuat acara bersama. Kegiatan reuni juga bisa juga diwujudkan dalam aktifitas sosial bersama. Bersama-sama dengan teman satu alumni mengadakan kegiatan bhakti sosial terjadwal. Dan ini juga cukup mengasyikkan sebagai salah satu bentuk kegiatan reuni.
Manfaat Reuni
Sesungguhnya banyak sekali manfaat reuni. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa “Di masa tua banyak-banyaklah bertemu dengan teman baikmu. Agar menjadi hiburan bagimu” Kita tidak tahu sampai kapan kita hidup diatas dunia ini. Sampai kapan bisa bertemu kembali dengan orang-orang yang pernah menjadi teman baik kita. Kadang kita mendengar teman kita wafat terlebih dahulu. Padahal mungkin sebelumnya baru saja kita bertemu atau saling WA memberi kabar. Atau bisa saja kita yang mendahului.
Hidup itu singkat. Juga membosankan bila rutinitasnya tidak bervariasi. Sisihkan waktu. Kontak teman-teman lama. Ajak mereka untuk bertemu. Dalam komunitas kecil aja dahulu. Biasanya setelah bertemu lalu makan bersama dan bincang nostalgia, maka timbullah keinginan untuk bertemu dalam kapasitas lebih besar. Bisa direncanakan sebuah acara reuni yang mengundang seluruh kawan-kawan yang pernah hidup dan beraktifitas bersama. Beberapa kawan biasanya akan rela menjadi panitia dan mengadakan rapat-rapat untuk terlaksananya sebuah reuni. Setelah diperoleh sumber dana dan disepakati bentuk kegiatan reuni, maka acara reuni tinggal menunggu hari pelaksanaan direalisasikan. Pada saat terrealisasinya acara reuni, disitulah berbagai ungkapan kebahagiaan dirasakan. Kia bertemu kembali teman-teman lama dengan berbagai kondisinya saat ini. Nostalgia kembali terkenang. Berbagai ungkapan dan luapan perasaan terrealisasi saat itu. Sungguh bahagia bila kegiatan reuni bisa terlaksana.
Bro-sis, kegiatan reuni yang baik tidak salah untuk direncanakan dan direalisasikan. Ada ungkapan kebahagiaan ketika kita bisa bersua kembali dengan orang-orang yang pernah kita kenal dan kita sayangi. Alokasikan waktu. Kontak kawan-kawan. Gak salah lontarkan ide reuni. Saya yakin kawan-kawan lain juga sudah rindu ingin kembali bertemu dan buat acara bersama. Ingin tahu kabar kita dan anak-anak serta pasangan hidup kita. Jadi kegiatan reuni sebaiknya bisa dibincangkan dengan teman-teman alumni. Bila reuni terlaksana, sebersit kebahagiaan akan muncul. Spirit hidup kembali bergairah. Dan kerinduan akan teman lama terjawab sudah. Dan insyaallah kesehatan dan kebahagiaan juga meningkat. Memang reuni itu indah.
Akhirnya……. Kapan kita reuni ???
At my office
050724

Type above and press Enter to search.